KOMIK DAN CERITA BERGAMBAR

ABU BAKAR R.A ADALAH SEORANG MUKMIN DALAM SEMUA PERKATAAN DAN PERBUATAN

 

Abu Bakar AshShiddiq

Shahabat yang paling dekat dengan Rasulullah SAW, Abu Bakar r.a adalah orang yang setiap hari dalam kegiatannya berbuat kebaikan. 

Suatu hari Nabi saw shalat shubuh. Tatkala beliau telah selesai shalat, beliau bertanya,

“Siapakah di antara kalian yang pagi ini puasa?”

 Umar r.a menjawab, “Wahai Rasulullah, sebelum tidur tadi malam, aku tidak berniat puasa, dan pagi ini aku tidak berpuasa.”

  Abu Bakar berkata, “Aku wahai Rasulullah, sebelum tidur tadi malam berniat puasa, dan pagi ini aku berpuasa.”

 Kemudian Nabi saw. bertanya lagi,

“ Siapa di antara kalian yang pagi ini telah menjenguk orang sakit?”

 Umar berkata, “Tadi kita menunaikan shalat dan masih baru selesai, bagaimana kita dapat menjenguk orang sakit?”

Abu Bakar berkata, “Aku wahai Rasulullah, orang-orang memberitahuku bahwa saudaraku Abdurrahman bin Auf sakit. Lantas, aku sempatkan untuk menghampirinya dalam perjalanan menuju masjid.”

 Kemudian Nabi saw. bertanya lagi,

 “Siapa di antara kalian yang pagi hari ini sudah bersedekah?”

 Umar berkata, “Wahai Rasulullah, kami masih tetap bersamamu semenjak selesai mengerjakan shalat, bagaimana kami dapat bersedekah?”

 Abu Bakar berkata, ”Aku wahai Rasulullah, ketika aku memasuki masjid, ternyata ada seorang pengemis. Pada saat itu cucuku dari Abdurrahman bin Abi Bakar memiliki sepotong roti. Lantas, aku mengambilnya dan memberikannya kepada pengemis itu.”

 Nabi saw. bersabda, “Aku memberi kabar gembira akan surga, aku memberi kabar gembira akan surga."

 Oleh karena itu, Umar berkata, “Abu Bakar selalu mengungguliku dalam hal kebaikan.”

Karena hal itu juga Ali berkata, “Abu Bakar adalah seorang pemenang. Demi Allah, tidaklah kami saling berlomba-lomba dalam kebaikan melainkan Abu Bakar adalah pemenangnya."

 

Demikianlah sebagian kisah Abu Bakar r.a, shahabat terdekat Rasulullah dan salah seorang dari sekian banyak shahabat yang dicintai Rasulullah. 

Para shahabat yang lain mengakui kalah dalam berlomba berbuat kebaikan (fastabiqul khoirot).

 Mereka yang dicintai Rasulullah tak akan pernah menginjakkan kakinya di neraka.

 

 

(Sumber : 66 orang yang dicintai rasul – Prof. Dr. Muhammad Bakar Ismail)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SERBUAN PASUKAN GAJAH

Tanda-tanda Kenabian Muhammad SAW

PATI UNUS : Pejuang Pembebas Malaka